Pengertian Slump Pada Beton Ready Mix dan Fungsi nya

Pengertian slump pada beton ready mix

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang arti slump pada beton ready mix dan metode pengujian slump dilokasi proyek.
slump beton sni, slump beton normal, slump beton 10, 12, 16 cm
pengujian slump beton ready mix

Mengerti spesifikasi beton ready mix merupakan hal yang penting. Seperti hal nya membeli produk lain nya. Contoh nya yang akan kami sampaikan disini yaitu nilai slump pada beton.

Arti slump secara bahasa yaitu Kemerosotan. Jika diartikan secara istilah yaitu kemerosotan pada kekentalan beton ready mix. Hal ini berkaitan pada saat pengujian slump untuk beton ready mix. Tes ini dilakukan setelah beton ready mix sampai dilokasi proyek.

Slump yang dipakai pada umum nya yaitu 12 ± 2 cm. Dengan kata lain kekentalan beton pada saat sampai yaitu antara slump 10 sampai slump 14 cm. Jadi nilai slump tersebut ketika sampai di proyek tidak kekentalan atau pun ke enceran. Nilai slump tersebut merupakan normal, jika beton ready mix tersebut digunakan untuk struktur bangunan cor dak beton. Jika slump beton yang di inginkan lebih encer maka pakai lah beton ready mix dengan mutu Slump lebih dari 12 cm, bisa memakai slump 14 atau 16. Jika lebih kental gunakan lah slump dibawah 12 cm, misal slump 10 cm.

Yang mengatur nilai slump tersebut adalah pihak teknisi perusahaan beton ready mix. Nilai slump tersebut di atur berdasarkan kondisi trafik jalan. Jika jalanan ke daerah yang dijangkau macet, maka obat untuk ketahanan slump tersebut bisa lebih banyak dosis nya. Obat yang dipakai oleh perusahaan tersebut adalah sejenis zat kimia yang di berikan pada mobil mixer ketika akan berangkat ke lokasi proyek. Pada saat sebelum pemberian zat tersebut bagian pengiriman beton melacak terlebih dahulu kondisi trafik jalan ke proyek tersebut.

Pengujian Slump Beton ready mix tersebut dilakukan 2 kali. Yaitu pada saat keberangkatan dari batching plant dan ketika sampai dilokasi.
Untuk lebih jelas nya tentang pengujian slump tersebut bisa lihat pada video di bawah ini.


Fungsi Pengujian Slump Pada Beton Ready Mix

Fungsi dari pengujian slump tersebut yaitu ,Selain untuk mengetahui nilai slump pada saat sampai dilokasi proyek. Juga untuk mengetahui hal yang harus dilakukan ketika slump itu turun ataupun naik.
Tingkat Kekentalan / Slump di atur menurut kegunaan struktur bangunan. Alasan tersebut karena semakin kental beton yang dipakai, maka akan sulit untuk dikerjakan. Seperti contoh untuk pengerjaan bor peal. Jika memakai beton dengan nilai slump yang kental, maka akan sulit menjangkau kedalam lobang bor peal tersebut. Maka jika ingin mengerjakan proyek borpeal biasa digunakan slump 16 – 20 cm.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Pengertian slump pada beton ready mix. Mudah mudahan bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah berkunjung ke website kami.

Contact

CV FRESH CONCRETE

Konsultasikan Kebutuhan Anda Pada Kami Untuk Mendapatkan Kualitas Pelayanan yang terbaik Dari Kami Dikontak Kami Dibawah Ini

Address:

Bogor-Jawa Barat Indonesia 16820

Work Time:

Monday - Saturday from 08.00 am - 17.00 pm

Phone:

(021) 22886630